Apakah Verstappen Pantas Menjadi Favorit Kejuaraan Pembalap?

Apakah Verstappen Pantas Menjadi Favorit Kejuaraan Pembalap?

Untuk apa yang tampak seperti seumur hidup, tidak terpikirkan untuk berasumsi bahwa Mercedes dan Lewis Hamilton tidak akan mendapatkan gelar ganda Pembalap dan Konstruktor. Bagaimanapun, kecuali satu kekalahan dari Nico Rosberg, yang kemudian pensiun, juara dunia tujuh kali itu tak terbendung.

Namun, sepertinya Hamilton akan melaju ke kejuaraan kedelapan yang memecahkan rekor pada tahun 2021 karena munculnya Red Bull. Memang, beberapa orang bertanya-tanya apakah Max Verstappen harus dilihat sebagai pembalap yang harus dikalahkan di grid. Mereka benar, dan inilah alasannya.

Konsistensi Adalah Kunci

Verstappen telah menunjukkan dengan kemenangan comeback-nya di Italia bahwa dia tidak akan menyerah sekarang karena dia memiliki mobil tercepat di bawahnya. Meskipun pebalap Belanda itu seharusnya mengambil bendera kotak-kotak di Bahrain, itu hanya drive kelas dunia dari juara bertahan yang menghalangi jalannya, mengambil kemenangan dengan 0,745 detik.

Banyak orang akan menunjuk ini sebagai bukti bahwa Hamilton masih layak menjadi favorit untuk penghargaan akhir musim di Abu Dhabi, dan mereka benar dalam beberapa hal. Namun, fakta bahwa Red Bulls lebih cepat daripada Mercedes berarti bahwa pembalap mereka harus berada di level tinggi secara konsisten sepanjang tahun.

Pole lap seperti di Bahrain adalah apa yang ada di saku belakangnya, namun bahkan dia akan berjuang untuk menempatkan mobilnya di tepi tanpa membuat kesalahan. Sebuah kesalahan sendiri di Imola saat melewati backmarker membuatnya kehilangan tujuh poin di klasemen, sedangkan Red Bull Verstappen cukup sempurna dari awal hingga akhir.

Ancaman Ganda

Mungkin masalah utama bagi Hamilton dan Mercedes adalah kematian Valtteri Bottas. Tidak ada seorang pun di Formula satu yang senang menyaksikan perjuangan Finlandia karena dia telah menjadi pembalap yang sangat andal bagi Mercedes. Sekarang dia tidak dalam performa terbaiknya, dan RB tidak dapat menemukan pemain nomor dua yang cakap, penampilannya mulai diakui untuk apa mereka – luar biasa.

Tentu saja, F1 adalah olahraga yang kejam, dan tekanan ekstra dari George Russell yang memperebutkan kursinya tampaknya semakin memengaruhinya setiap balapan. Ini bukan hanya berita buruk bagi Bottas dan Mercedes, tetapi juga bagi Hamilton, karena mengemudi adalah tentang strategi dan juga bakat. Dengan dua mobil di depan grid, James Vowles dan Toto Wolff dapat menghadang pitstop Red Bull, menggunakan mobil untuk memperlambat saingannya dan memberikan ruang bernapas bagi pengemudi utama.

maksimal verstappen

Max Verstappen

Saat ini, Sergio Perez dan Max Verstappen terlihat seperti akan menjadi ujung tombak barisan depan, dengan Bottas mendekam di lini tengah. Peluang taruhan F1 Finlandia telah disesuaikan, sekarang berdiri di 33/1. Tapi favoritisme Hamilton pada 8/11 juga bisa terpengaruh jika rekan setimnya meninggalkannya untuk melawan penantangnya, yang keduanya memiliki performa superior di mobil mereka.

Kuda untuk Kursus

Tata letak trek memainkan peran penting dalam hasil balapan karena tim mengatur mobil mereka secara berbeda. Mercedes telah memenangkan setiap kejuaraan sejak 2013, dan sebagian, itu tergantung pada penggaruk mobil mereka. Sayangnya bagi mereka dan Aston Martin, aturan baru telah diperkenalkan yang menargetkan area tersebut.

𝙀𝙭𝙥𝙡𝙖𝙞𝙣𝙚𝙧

Perebutan gelar sedang berlangsung tetapi bagaimana Red Bull terhuyung-huyung di Mercedes?

Mengapa mobil ‘rake tinggi’ aturan halus tweak telah memicu musim baru ⬇️#SkyF1 | #F1

— Sky Sports F1 (@SkySportsF1) 12 April 2021

Akibatnya, mesin Mercedes bukanlah yang paling bertenaga di grid, meski cukup kuat untuk bersaing dengan Honda. Fakta bahwa Honda telah menambahkan lebih banyak jus tidak hanya berarti mereka lebih sedikit mil per jam dari saingan mereka, tetapi mereka juga bagus di tikungan lambat karena aerodinamis mobil yang superior. Ini berarti mungkin ada beberapa tempat yang tidak sesuai dengan Mercedes, termasuk Imola dan Portimao karena sifatnya yang berkecepatan tinggi, yang berarti Red Bull dan Verstappen dapat menambah keunggulan di awal musim.

Jalan masih panjang, dan Hamilton pantas menjadi juara di atas kertas karena kredensialnya yang sempurna. Namun, tampaknya ada lebih banyak yang menguntungkan Red Bull musim ini, yang membawa favorit kedua 11/10, Max Verstappen, ke dalam permainan.

Author: Harold Phillips